Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Sipil FT UNP pada Mata Kuliah Analisis Struktur dengan Menggunakan Modul

Yustisia, Henny and Putri, Prima Yane (2014) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Sipil FT UNP pada Mata Kuliah Analisis Struktur dengan Menggunakan Modul. In: 3rd UPI International Conference on Technical Vokational Education and Training: Approaches ans Achievements in TVET Personnel Profefional Development, 12-15 November 2014, Bandung.

[img]
Preview
Text
12. TVET dan Aptekindo 1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar dampak keberhasilan pemberian modul dalam mata kuliah Analisis Struktur kepada mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT UNP. Analisis Struktur merupakan mata kuliah yang menggunakan aplikasi komputer program SAP 2000. Sebagai pengajar, penulis yang membuat perangkat pembelajaran sesuai dengan materi ajar yang berlaku, yang mengajar dan yang melaksanakan tindakan. Jenis data yang didapatkan dalam penelitian yaitu data kuantitatif berupa lembar tugas, quis dan latihan mahasiswa yang berguna untuk melihat hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran Analisis Struktur. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan pembelajaran Analisis Struktur dengan pemberian modul tiap kali pertemuan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari mahasiswa lebih banyak memiliki perhatian dalam belajar, semua mahasiswa menyerahkan tugas, dan pada proses pembelajaran mahasiswa belajar lebih serius dari sebelumnya. Pembelajaran Analisis Struktur dengan pemberian modul mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh melalui penelitian ini adalah 82,0 dengan sebutan mutu A, maka penelitian ini bisa dikatakan berhasil meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Mar 2019 03:10
Last Modified: 25 Mar 2019 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21541

Actions (login required)

View Item View Item