Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar

Putri, Sri Rani (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Sri_Rani_Putri_14016022_612_2019.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar. Ketiga, mendeskripsikan korelasi membaca pemahaman teks eksplanasi dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018, yaitu 245 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 20% dari populasi, yaitu 49 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksplanasi. Data diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar berada pada kualifikasi baik (B). Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar berada pada kualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat korelasi keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar dengan derajat kebebasan n-2 pada taraf kepercayaan 95%. Nilai thitung (0,593) lebih besar daripada ttabel (0,316) yaitu thitung >ttabel (0,593>0,316) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi berkorelasi dengan keterampilan menulis teks eksplanasi. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi akan semakin baik pula keterampilan menulis teks eksplanasi. Dengan demikian untuk meningkatkan keterampilan menulis, (teks eksplanasi) maka guru harus meningkatkan proses pembelajaran membaca khususnya teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Mar 2019 03:55
Last Modified: 22 Mar 2019 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21482

Actions (login required)

View Item View Item