Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang

Yudianda, Elvan (2019) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Elvan_Yudianda_15016085_611.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu sebanyak 286 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 20% dari populasi, yaitu 54 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 80,09. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan ratarata 80,86. Ketiga, terdapat kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang sebesar 62,73%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis teks deskripsi (Y). Dengan demikian, diperlukan keterampilan membaca pemahaman yang baik agar keterampilan menulis juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Mar 2019 03:55
Last Modified: 22 Mar 2019 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21481

Actions (login required)

View Item View Item