Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Berita dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang

Fano, Bimma Geo (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Berita dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Bimma_Geo_Fano_15016003_681_2019.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. Kedua, mendeksripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. Ketiga, menganalisis korelasi antara keterampilan membaca pemahaman teks berita dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 168 siswa yang tersebar dalam lima kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Sampel diambil dengan menggunakan simple random sampling dengan prepesisi sebesar 15%. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks berita dan tes objektif keterampilan membaca pemahaman teks berita. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh tiga hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini disimpulkan berdasarkan rata-rata hitung sebesar 82,56. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 18 berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung teks menulis teks berita sebesar 79,17. Ketiga, terdapat hubungan signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks berita dengan keterampilan menulis teks berita yang memiliki hubungan pada taraf signifikan 95% dengan dk=n-1. Berdasarkan uji-t hipotesis diterima, karena thitung>t tabel yaitu 2,509>1,68. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan tentang hubungan keterampilan membaca pemahaman teks berita dengan keterampilan menulis teks berita memiliki hubungan pada taraf siginifikan 95% yaitu thitung>t tabel dengan dk=n-1. Dengan kata lain, apabila keterampilan membaca pemahaman dan menulis teks berita siswa akan terlihat baik, karena nilai gabungan dari keterampilan membaca dan nilai gabungan dari keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Mar 2019 06:52
Last Modified: 21 Mar 2019 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21463

Actions (login required)

View Item View Item