Realisasi Tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung dalam Praktik Wawancara Tipe Light Entertainment Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Padang

Sakti, Tahta Lawna (2019) Realisasi Tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung dalam Praktik Wawancara Tipe Light Entertainment Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Tahta_Lawna_Sakt_15016027_564_2019i.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama, mendeskripsikan realisasi tindak tutur langsung dalam praktik wawancara tipe light entertainment mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Padang. Kedua, mendeskripsikan realisasi tindak tutur tidak langsung dalam praktik wawancara tipe light entertainment mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Padang. Ketiga, mendeskripsikan konteks tindak tutur langsung dan tidak langsung dalam praktik wawancara tipe light entertainment mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Padang . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah fakta pembelajaran keterampilan berwawancara dalam merealisasikan tindak tutur langsung dan tidak langsung tipe light entertainment dan tuturan yang ada di dalam transkrip wawancara hasil unjuk kerja yang mengandung tindak tutur langsung dan tidak langsung yang disampaikan pewawancara selaku mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Sumber data tuturan mahasiswa dalam mata kuliah Retorika tahun akademik 2018/2019 di kelas reguler dalam merealisasikan tindak tutur langsung dan tidak lanngsung dalam keterampilan berwawancara untuk gelar wicara tipe light entertainment. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, dengan menggunakan alat perekam yang terdapat dalam handphone Xiomi Redmi 3X dengan aplikasi voice record/recording. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik pengabsahan data dalam penelitian adalah ketekunan pengamatan dan uraian rinci. Hasil penelitian tersebut adalah sebagai berikut ini. Pertama, terdapat realisasi tindak tutur langsung dalam praktik wawancara tipe light entertainment mahasiswa ini sebanyak 76,77%, dengan bentuk–modus imperatif–imperatif sebanyak 6 tuturan dengan persentase 1,51%, bentuk–modus interogatif– interogatif sebanyak 234 tuturan dengan persentase 59,10%, dan bentuk modus deklaratif–deklaratif sebanyak 64 tuturan dengan persentase 16,16%. Kedua, realisasi tindak tutur tidak langsung dalam praktik wawancara tipe light entertainment mahasiswa ini sebanyak 23,23% dengan bentuk–modus interogatif– imperatif sebanyak 82 tuturan dengan persentase 20,71% dan bentuk modus deklaratif–imperatif sebanyak 10 tuturan dengan persentase 2,52%. Ketiga, terdapatnya konteks tindak tutur langsung yang dominan menandakan sudah adanya kesantunan, namun belum sesuai dengan gelar wicata tipe light entertainment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa realisasi tindak tutur langsung dan tidak langsung dalam praktik wawancara tipe light entertainment mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Padang sudah terealisasi, namun perlu ada penambahan bentuk pertanyaan dalam bentuk tindak tutur tidak langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Mar 2019 06:52
Last Modified: 21 Mar 2019 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21462

Actions (login required)

View Item View Item