Minat Belajar Bernyanyi Siswa pada Pembelajaran Seni Budaya di Kelas VIII.2 SMP Negeri 5 Pariaman

Dari, Wulan (2019) Minat Belajar Bernyanyi Siswa pada Pembelajaran Seni Budaya di Kelas VIII.2 SMP Negeri 5 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Wulan_Dari_1305499_950_2019.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa dan hal-hal apa saja yang mempengaruhi minat belajar siswa dalam pembelajaran seni musik (bernyanyi) di SMP Negeri 5 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan melihat hasil observasi dan hasil wawancara yang telah dilakukan selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua hal mempengaruhi minat belajar benyanyi pada pembelajaran seni budaya di kelas VIII.2 SMP N 5 Pariaman yaitu internal (dari dalam diri) dan eksternal (dari luar diri) siswa. Faktor internal meliputi jasmani dan psikologi. Faktor eksternal siswa meliputi kepala sekolah, guru dan orang tua. Kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran seni musik (bernyanyi) di SMP Negeri 5 Pariaman ini disebabkan oleh kurangnya strategi dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk pembelajaran seni budaya (musik) di butuhkan pembelajaran berupa teori dan praktek secara seimbang, untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran seni musik (bernyanyi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Mar 2019 08:44
Last Modified: 20 Mar 2019 08:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21451

Actions (login required)

View Item View Item