Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Padang

Lusita, Juvira (2019) Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Juvira_Lusita_15016041_940_2019.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Kedua, mendeskripsikan unsur kebahasaan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah data kualitatif berupa struktur dan unsur kebahasaan teks deskripsi siswa. Sumber data penelitian ini adalah tulisan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi.Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi (Cross-chek). Data dianalisis dengan langkah-langkah, yaitu (1)peneliti mengidentifikasi unsur umum yang terdapat dalam teks deskripsi, (2) menganalisis teks berdasarkan aspek yang diteliti, yaitu struktur dan unsur kebahasaan teks deskripsi siswa, (3) hasil analisis peneliti diperiksa atau dicek kembali oleh informan triangulasi, (4) membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan dua hal sebagai berikut. Pertama, struktur teks deskripsi. Struktur teks terdiri atas identifikasi/gambaran umum dan deskripsi bagian. Identifikasi/gambaran umum dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 30 Padang secara keseluruhan telah memiliki identifikasi. Dari 40 data penelitian terdapat 1 data yang tidak memiliki identifikasi, sedangkan 39 data yang memiliki identifikasi. Dari 39 data yang memiliki identifikasi tersebut, terdapat 20 data yang menggabungkan identifikasi/gambaran umum dengan deskripsi bagian. Selanjutnya, deskripsi bagian. Deskripsi bagian yang ditulis siswa secara umum telah rinci. Hal tersebut terbukti dari 40 teks yang memiliki struktur deskripsi bagian hanya terdapat 8 teks yang deskripsi bagiannya terdiri atas satu paragraf. Kedua, dilihat dari segi kebahasaan. Pola dasar kalimat yang paling banyak digunakan siswa ialah SPPel, sedangkan pola dasar kalimat yang paling sedikit digunakan ialah SPO. Selanjutnya, kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa ialah penulisan huruf kapital, sedangkan kesalahan yang paling sedikit ialah penggunaan kata ganti ku-, kau-, -ku, -mu, dan –nya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Mar 2019 08:44
Last Modified: 20 Mar 2019 08:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21449

Actions (login required)

View Item View Item