Pelatihan Meningkatkan Pemahaman Guru dan Orang Tua tentang Makanan Sehat bagi Anak Autisme

Iswari, Mega and Kasiyati, Kasiyati and Zulmiyetri, Zulmiyetri and Hasan, Yarmis (2019) Pelatihan Meningkatkan Pemahaman Guru dan Orang Tua tentang Makanan Sehat bagi Anak Autisme. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 3 (2). pp. 7-11. ISSN Print: 2614-2465 dan online: 2614-2473

[img]
Preview
Text
96-472-1-PB pustaka.pdf

Download (209kB) | Preview
Official URL: http://bk.ppj.unp.ac.id/index.php/aiptekin/article...

Abstract

Autisme merupakan suatu gangguan perkembangan pada otak yang ditandai dengan 3 munculnya perilaku yang bersifat repetitif, restriktif, stereotipik dan obsesif. Walaupun sampai saat ini belum ditemukan adanya penyebab yang pasti timbulnya autisme, namun beberapa bagian dari otak seperti amigdala, hipokampus, sistema limbik, serebelum dan korteks serebri mengalami gangguan perkembangan histokimia sampai anatomik. Hingga saat ini belum ada obat apapun untuk menyembuhkan autisme. Namun apabila anak melakukan diet jenis makanan secara khusus yang betul betul disiplin dapat mengurangi ke autisannya. Apalagi bagi mereka yang memiliki kecerdasan yang bagus, maka mereka mampu mengikuti jenjang pendidikan samapai ke perguruan Tinggi. Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh semua guru di Sekolah Karakter Mandiri yang dihadiri oleh orang tua murid. Kegiatan ini dianggap telah berhasil karena orang tua dan guru bersemangat dalam menghadiri acara ini. Orang tua memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk mengatur pola makanan yang seimbang bagi anak autis. Orang tua dan guru merasa kegitan ini sangat bermanfaat dalam memberikan pelayanan pendidikan bagi anak autis, karena anak autis harus mengikuti program diet agar berkurang keautisan yang dimiliki anak. Maka dari itu, pengaturan pola makanan yang seimbang sangat penting demi keberhasilan pemberian terapi maupun proses pembelajaran. Dengan demikian kegiatan ini sangat bermanfaat bagi orang tua dan guru dalam memberikan pelayanan bagi anak autisme. Diharapkan orang tua di rumah dapat mengatur pola makanan sehat bagi anak autis, sedangkan guru di sekolah dapat memperhatikan jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh anak autis

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 20 Mar 2019 04:40
Last Modified: 20 Mar 2019 04:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21442

Actions (login required)

View Item View Item