Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Inyiak Susu Sabalah di Kanagarian Koto Gadang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam

Devi, Mayona Sri (2019) Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Inyiak Susu Sabalah di Kanagarian Koto Gadang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Mayona_Sri_Devi_15017006_581_2019.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur cerita rakyat legenda Inyiak Susu Sabalah di Kanagarian Koto Gadang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam; dan (2) fungsi sosial cerita rakyat legenda Inyiak Susu Sabalah di Kanagarian Koto Gadang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskripsif. Data penelitian ini adalah struktur dan fungsi sosial cerita rakyat legenda Inyiak Susu Sabalah di Kanagarian Koto Gadang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Data dikumpulkan dari informan melalui dua tahap, yaitu: (1) tahap perekaman cerita rakyat legenda Inyiak Susu Sabalah; dan (2) tahap pengumpulan data tentang lingkungan penceritaan. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan empat tahap, yaitu: (1) tahap identifikasi data; (2) tahap klasifikasi atau analisis data; (3) tahap pembahasan dan penyimpulan hasil klasifikasi atau analisis data; dan (4) tahap pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan hal-hal berikut. (1) Struktur cerita rakyat legenda Inyiak Susu Sabalah di Kanagarian Koto Gadang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam meliputi: (a) gaya bahasa yang mudah dipahami, sangat menarik karena menggunakan majas, dan mengandung sugesti estetik; (b) penokohan, yakni tokoh utama dan tokoh tambahan; (c) latar dalam cerita meliputi latar tempat, waktu, dan sosial; (d) alur cerita merupakan alur konvensional dengan menggunakan tahap awal (beginning), tahap tengah (middle), dan tahap akhir (end); (e) tema mengenai legenda perseorangan, yaitu Inyiak Susu Sabalah yang dipercayai sebagai cikal bakal Suku Caniago di Nagari Koto Gadang; dan (f) amanat cerita rakyat legenda Inyiak Susu Sabalah adalah segala sesuatu yang terjadi di dunia ini merupakan kuasa Allah swt. (2) Fungsi sosial yang terdapat dalam cerita rakyat legenda Inyiak Susu Sabalah di Kanagarian Koto Gadang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam adalah sebagai pewarisan tradisi lisan, jati diri masyarakat pemilik, dan kontrol sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Mar 2019 02:27
Last Modified: 20 Mar 2019 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21425

Actions (login required)

View Item View Item