Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang

Selvimar, Eed (2019) Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Eed_Selvimar_15016007_287_2019.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. Teori yang berhubungan dengan penelitian ini adalah teori tentang (a) keterampilan menulis, (b) teks berita, dan (c) penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan adalah desain korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu 362 orang siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan proportional random sampling 20% dari populasi, yaitu 72 siswa. Data penelitian berupa skor hasil tes penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dan skor hasil tes keterampilan menulis teks berita. Data diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks berita. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 75,32. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 82,52. Ketiga, terdapat korelasi penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang dengan derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%. Nilai thitung (13,00) lebih besar dari ttabel (1,67) yaitu thitung > ttabel (13,00>1,67) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pengetahuan kosakata berkorelasi dengan keterampilan menulis teks berita. Semakin baik penguasaan kosakata akan semakin baik pula keterampilan menulis teks beritanya. Dengan demikian, untuk terampil menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang, diperlukan penguasaan kosakata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Mar 2019 02:14
Last Modified: 20 Mar 2019 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21423

Actions (login required)

View Item View Item