Diksi dalam Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Padang

Tenesia, Tevani (2019) Diksi dalam Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Tevani_Tenesia_15016028_480_2019.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Padang. Permasalahanpermasalahan tersebut antara lain, (1) siswa masih kurang terampil dalam menulis teks deskripsi karena siswa beranggapan bahwa pelajaran menulis merupakan pelajaran yang membosankan, (2) siswa masih sulit untuk menuangkan ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran mereka ke dalam bentuk tulisan, dan (3) siswa masih kurang paham dan keliru dalam memilih kata sehingga kalimat menjadi tidak efektif. Teori yang berhubungan dengan penelitian ini yaitu teori yang berkaitan dengan keterampilan menulis teks deskripsi, dan diksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dari penelitian ini berupa teks-teks deskripsi yang diperoleh dari sumber data penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen. Dokumen yang digunakan adalah kumpulan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padang, yang dikumpulkan pada saat pelajaran Bahasa Indonesia semester I kepada guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, penggunaan diksi dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padang lebih banyak memiliki ketepatan, kecermatan, dan keserasian dalam pemilihan kata. Hal tersebut dapat dibuktikan dari 30 teks deskripsi siswa yang terdiri atas 96 paragraf, 332 kalimat, dan 3.567 diksi terdapat 3.127 ketepatan dalam pemilihan kata, 3.507 kecermatan dalam pemilihan kata, dan 3.494 keserasian dalam pemilihan kata. Kedua, dari teks deskripsi siswa tersebut, masih ada siswa yang belum paham tentang penggunaan diksi. Hal tersebut dapat dibuktikan dari 3.567 diksi yang digunakan, masih terdapat ketidaktepatan diksi sebanyak 440, ketidakcermatan diksi sebanyak 60, dan ketidakserasian diksi sebanyak 73. Hal itu membuktikan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padang telah mendayagunakan kekayaan diksi yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Mar 2019 02:13
Last Modified: 20 Mar 2019 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21401

Actions (login required)

View Item View Item