Pelestarian Tari Ketalang Petang di Sanggar Serengkuh Dayung di Desa Rantau Panjang Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin Provinsi Jambi

Morenza, Elva Nia (2019) Pelestarian Tari Ketalang Petang di Sanggar Serengkuh Dayung di Desa Rantau Panjang Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Elva_Nia_Morenza_14023091_892_2019.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan pelestarian Tari Ketalang Petang di Desa Rantau Panjang Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis, flashdisk dan kamera photo. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis sesuai dengan kebutuhan dan disusun secara sistematis yang terkait dengan usaha pelestarian tari Ketalang Petang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sanggar Serengkuh Dayung di Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin Provinsi Jambi sampai saat ini masih mengajarkan dan melestarikan tari Ketalang Petang. Usaha pelestarian yang dilakukan sanggar Serengkuh Dayung melalui pengembangan dan penyebarluasan. Usaha pelestarian dengan pengembangan dan penyebarluasan yaitu 1) menambahkan gerak, 2) menambahkan alat musik tradisional, 3) memodifikasi kostum, 4) pengembangan pola lantai, level, dan komposisi kelompok. Dan Penyebarluasan melalui pertunjukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Mar 2019 02:55
Last Modified: 19 Mar 2019 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21377

Actions (login required)

View Item View Item