Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match dalam Pembelajaran Tari di SMK Negeri 3 Padang

Sapitri, Pebrina (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match dalam Pembelajaran Tari di SMK Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Pebrina_Sapitri_14023025_365_2019.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menjelaskan peningkatan hasil belajar seni tari siswa di Kelas X SMK Negeri 3 Padang dengan menggunakan Model Cooverative Learning Tipe Make A Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini akan dilaksanakan 2 siklus, untuk siklus pertama dilakukan 3 kali pertemuan dan siklus kedua dilakukan 2 kali pertemuan pada akhir siklus diberikan tes. Prosedur teknik pengumpulan data adalah catatan lapangan, data dokumentasi dan tes tertulis. Analisis terhadap kegiatan siswa dalam pembelajaran, dihitung dengan persentase. Tindakan dinilai berdasarkan jumlah siswa yang terlibat selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match mampu mengacu semangat dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran Seni Budaya khususnya Seni Tari di SMK Negeri 3 Padang. Pada siklus I belum ditemukan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dan dilanjutkan pada siklus II dengan memperbaiki cara mengajar dalam penggunaan metode atau model. Pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat dari biasanya. Hal ini terbukti dengan adanya hasil belajar siswa kelas X BDP pada siklus I dengan nilai rata-rata 79,66 dengan kriteria penilaian “Baik” dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 86,66 dengan kriteria penilaian “Baik”. Jadi adanya peningkatan hasil belajar seni tari dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dan target yang ingin dicapai telah berhasil. i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Mar 2019 02:38
Last Modified: 19 Mar 2019 02:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21358

Actions (login required)

View Item View Item