Kontribusi Keterampilan Membaca Kritis terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mapat Tunggul Selatan

Fitri, Rahmi Laila (2019) Kontribusi Keterampilan Membaca Kritis terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mapat Tunggul Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Rahmi_Laila_Fitri_15016019_567_2019.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama , mendeskripsikan keterampilan membaca kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mapat Tunggul Selatan. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mapat Tunggul Selatan. Ketiga, menganalisis kontribusi keterampilan membaca kritis terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mapat Tunggul Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Kontribusi dihitung dengan rumus koefisien determinan, menggunakan rancangan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mapat Tunggul Selatan tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 50 orang yang tersebar dalam dua kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang dengan teknik total sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca kritis sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks eksposisi sebagai variabel terikat (Y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan memberikan instrumen tes objektif untuk keterampilan membaca kritis dan tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis teks eksposisi. Data penelitian berupa skor keterampilan membaca kritis dan skor keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mapat Tunggul Selatan. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan menghitung koefisien determinan. Hasil dari penelitian ini ada tiga, sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mapat Tunggul Selatan berkualifikasi cukup, dengan rata-rata nilai 57,08. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mapat Tunggul Selatan berkualifikasi cukup, dengan rata-rata nilai 59,67. Ketiga, terdapat kontribusi keterampilan membaca kritis sebesar 15,8% terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mapat Tunggul Selatan dan selebihnya (84,2%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat kontribusi keterampilan membaca kritis terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mapat Tunggul Selatan sebesar 15,8%, selebihnya sebesar 84,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Di antara indikator membaca kritis, menginterpretasi makna adalah indikator yang paling besar memberikan sumbangan kepada keterampilan menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Mar 2019 07:40
Last Modified: 18 Mar 2019 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21347

Actions (login required)

View Item View Item