Faktor–faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa terhadap Pembelajaran Seni Taridi SMP Negeri 1 Payakumbuh

Hardi, Ines (2019) Faktor–faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa terhadap Pembelajaran Seni Taridi SMP Negeri 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Ines_Hardi_14023103_928_2019.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktorfaktor penyebab rendahnya minat siswa terhadap proses pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen utama penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat-alat tulis dan kamera. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan dilakukan dengan cara studi keperpustakaan, observasi langsung ke lapangan, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) verifikasi atau penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar faktor – faktor penyebab rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran seni tari ada 3 yaitu faktor tersebut adalah faktor siswa, faktor guru dan faktor sekolah. Artinya dari faktor siswa dilihat dari 2 indikator yaitu Keinginan dan disiplin yang hasil pengamatan dari pertemuan 1 s/d 4 berhubungan dengan keinginan siswa yang kurang muncul dan tidak berkenan untuk belajar seni tari. Kemudian dari dampak faktor guru yang artinya bahwa dengan tidak tepatnya penggunaan metode dan kemampuan guru dalam mengajar berdampak pada kemampuan siswa dan respon siswa dalam mengikuti kegiatan praktek pembelajaran seni tari ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Mar 2019 00:59
Last Modified: 18 Mar 2019 00:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21324

Actions (login required)

View Item View Item