Keberadaan Tari Rantak dalam Masyarakat Pencinta Seni di Sumatera Barat: Antara Mentradisi dan Anggapan Sebagai Tari Tradisional

Murnianti, Lola (2019) Keberadaan Tari Rantak dalam Masyarakat Pencinta Seni di Sumatera Barat: Antara Mentradisi dan Anggapan Sebagai Tari Tradisional. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Lola_Murnianti_14023109_893_2019.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan tentang alasan masyarakat Minangkabau menganggap tari Rantak sebagai tari tradisi Minangkabau dan mencari jawaban mengapa tari Rantak tersebut dapat mentradisi di masyarakat Minangkabau. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen utama dalam penelitia ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis, tape rekorder dan kamera foto. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan, observasi pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Dan langkah-langkah yang dilakukan untuk menganalisis data adalah mengelompokan data, menganalisis data, mendeskripsikan data dan membuat laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kalangan masyarakat umum saat ini tidak banyak yang mengetahui keberadaan tari Rantak sebagai tari kreasi yang berakarkan kepada gerak tari tradisi. Masyarakat menganggap tari Rantak sebagai tari tradisi karena gerakan, musik iringan tari dan kostum dalam tari Rantak secara teknik sama tari tradisi yang ada di Minangkabau. Pada saat ini tari Rantak jarang di tarikan lagi oleh masyarakat karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang keberadaan tari Rantak, pengaruh kesenian modern, pendidikan dan budaya dan jarangnya minat atau permintaan dari masayarakat untuk menampilkan Tari Rantak itu sendiri. Akan tetapi tari Rantak sudah mentradisi di kalangan masyrakat Minangkabau, tari ini sering di bawakan pada saat itu di acara-acara perlombaan, ekstrakurikuler disekolah-sekolah dan festival.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Mar 2019 00:59
Last Modified: 18 Mar 2019 00:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21323

Actions (login required)

View Item View Item