Efektivitas Penggumaan Modul dan Multimedia Interaktif untuk Meremediasi Miskonsepsi Mahasiswa pada Materi Optika Geometris

Verawardina, Unung and Ambiyar, Ambiyar (2018) Efektivitas Penggumaan Modul dan Multimedia Interaktif untuk Meremediasi Miskonsepsi Mahasiswa pada Materi Optika Geometris. In: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Administrasi (Seminastika) 2018, 8 Desember 2018, Balikpapan.

[img]
Preview
Text
PENGGUNAAN MODUL 2018.pdf

Download (37MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.seminastika.org/index.php/seminastik...

Abstract

ABSTRAK Miskonsepsi merupakan kesalahan konsep yang tidak akurat dengan konsep ilmuan yang sebenarnya mengenai konsep gaya. Oleh karena itu remediasi melalui penggunaan berbagai media dapat mengkonkritkan konsep abstrak yang sulit dipahami.Adapun tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui efektivitas hasil miskonsepsi mahasiswa pada materi Optika Geometris, tujuan khusus untuk mengetahui: 1). Hasil miskonsepsi mahasiswa yang diajar menggunakan modul dan peningkatanya. 2) Hasil miskonsepsi mahasiswa yang diajar menggunakan multimedia interaktif dan peningkatanya. 3). Apakah terdapat perbedaan hasil miskonsepsi dari kedua media tersebut. Metodologi penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest – Posttest Control Group Design dimana adanya kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1). Hasil proporsi penurunan miskonsepsi mahasiswa menggunakan modul nilai rata-rata sebesar 0,76. dan peningkatanya antar sebelum remidiasi dan sesudah remidiasi sebesar 0,535 kategori sedang.2). Hasil proporsi penurunan miskonsepsi mahasiswa menggunakan multimedia interaktif nilai rata-rata sebesar 0,67, dan peningkatanya antar sebelum remidiasi dan sesudah remidiasi sebesar 0,229 kategori rendah. 3) Terdapatnya perbedaan penurunan miskonsepsi mahasiswa menggunakan modul dengan multimedia interaktif. 4). Mahasiswa yang diajar menggunakan modul lebih efektif dari pada yang diajar menggunakan multimedia interaktif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 15 Mar 2019 03:07
Last Modified: 15 Mar 2019 03:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21320

Actions (login required)

View Item View Item