Analisis Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalaui Fasilitas Pembelajaran, Kreativitas Guru dan Motivasi Kerja Guru dalam Mengajar di SMK Negeri 4 Pekanbaru

Simeru, Arden and Ambiyar, Ambiyar (2018) Analisis Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalaui Fasilitas Pembelajaran, Kreativitas Guru dan Motivasi Kerja Guru dalam Mengajar di SMK Negeri 4 Pekanbaru. In: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Administrasi (Seminastika) 2018, 8 Desember 2018, Balikpapan.

[img]
Preview
Text
ANALISIS UPAYA 2018.pdf

Download (37MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.seminastika.org/index.php/seminastik...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) pengaruh langsung fasilitas pembelajaran terhadap kreativitas guru di SMK Negeri 4 Pekanbaru, 2) pengaruh langsung fasilitas pembelajaran terhadap motivasi kerja guru di SMK Negeri 4 Pekanbaru, 3) pengaruh langsung fasilitas pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMK Negeri 4 Pekanbaru, 4) pengaruh langsung kreativitas guru terhadap motivasi kerja guru di SMK Negeri 4 Pekanbaru, 5) pengaruh langsung kreativitas guru terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMK Negeri 4 Pekanbaru, 6) pengaruh langsung motivasi guru terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMK Negeri 4 Pekanbaru, 7) pengaruh tidak langsung Fasilitas pembelajaran terhadap motivasi guru melalui kreativitas guru di SMK Negeri 4 Pekanbaru, 8) Pengaruh tidak langsung fasilitas pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa terhadap motivasi kerja guru di SMK Negeri 4 Pekanbaru, 9) Pengaruh tidak langsung kreativitas guru terhadap peningkatan hasil belajar siswa melalui motivasi kerja guru di SMK Negeri 4 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada guru SMK Negeri 4 Pekanbaru. Adapun Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Proporsive Sampling, dengan sampel sebanyak 52 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan dokumentasi sebagai referensi dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis). Penelitian digolongkan ke dalam penelitain kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Untuk uji Hipotesis Penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Fasilitas pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kreativitas guru SMK Negeri 4 Pekanbaru,2) Besar pengaruh langsung fasilitas pembelajaran terhadap motivasi kerja guru adalah sebesar 2.25%, 3) Besar pengaruh langsung kreativitas guru terhadap motivasi kerja guru adalah sebesar 2.03%, 4) Besar pengaruh langsung fasilitas pembelajaran terhadap hasil belajar adalah sebesar 10.09 yang terdiri dari pengaruh langsung sebesar 7.84 dan pengaruh tidak langsung sebesar 2.25%, 5) Besar pengaruh langsung kreativitas guru terhadap hasil belajar adalah sebesar 9.32 yang terdiri dari pengaruh langsung sebesar 7.29 dan pengaruh tidak langsung sebesar 2.03%,6) Besar pengaruh langsung motivasi kerja terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 4 Pekanbaru adalah sebesar 7.02%,7) Fasilitas pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru melalui kreativitas guru, 8) Fasilitas pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 4 Pekanbaru melalui motivasi kerja guru, 9) Kreativitas guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 4 Pekanbaru melalui motivasi kerja guru.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 15 Mar 2019 00:37
Last Modified: 15 Mar 2019 03:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21312

Actions (login required)

View Item View Item