Pengaruh Inovasi Pelayanan Publik terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat dalam Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Padang

Putri, Yersa Novellina (2018) Pengaruh Inovasi Pelayanan Publik terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat dalam Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Yersa_Novellina_Putri_14042063_5958_2018.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi pelayanan publik terhadap tingkat kepuasan masyarakat dalam pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Padang. Latar belakang penelitian ini adalah karena tingginya jumlah permohonan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Padang. Masyarakat mengeluhkan antrian permohonan paspor yang membutuhkan waktu yang lama, inovasi yang dilakukan kantor imigrasi kelas I padang untuk nomor antrian paspor masih terbatas dari segi kuota, kurangnya sosialisasi ke tengah masyarakat tentang prosedur pengurusan paspor, sarana dan prasarana yang kurang memadai dalam menunjang pelayanan penerbitan paspor seperti sarana pendukung pelayanan permohonan paspor berbasis IT yakninya alat scan dokumen (scanner), alat scan sidik jari (data biometrik) dan kamera. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah mendapatkan pelayanan permohonan paspor dari Kantor Imigrasi Kelas I Padang pada januari sampai juni 2018 yang berjumlah 16.311. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 390 responden yang ditentukan dengan menggunankan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5% sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dengan pengukuran skala likert. Data dianalisis menggunakan teknik analisis uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti adanya pengaruh yang signifikan inovasi pelayanan publik terhadap tingkat kepuasan masyarakat dalam pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Padang. Variabel inovasi pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas I padang berkontribusi terhadap tingkat kepuasan masyarakat sebesar 44,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:56
Last Modified: 13 Mar 2019 03:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21268

Actions (login required)

View Item View Item