Strategi Pengembangan Ekowisata Mangrove di (1301877) Desa Rawa Mekar Jaya Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak Provinsi Riau

Roza, Mela (2018) Strategi Pengembangan Ekowisata Mangrove di (1301877) Desa Rawa Mekar Jaya Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak Provinsi Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Mela_Roza_1301877_5697_2018.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis kesesuaian kawasan wisata untuk ekosistem mangrove untuk pengembangan ekowisata di Desa Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak. (2) Menganalisis strategi dalam pengembangan ekowisata mangrove Rawa Mekar Jaya Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, dan dokumentasi penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik stratified sampling. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Indeks Kesesuaian kawasan untuk Wisata mangrove di ekowisata mangrove Rawa Mekar Jaya tergolong ke dalam kategori Sesuai Bersyarat (SB). Pada stasiun 1 kesesuaiannya adalah 64 %, stasiun 2 kesesuaiannya ialah 61%, stasiun 3 kesesuaiannya ialah 53%, stasiun 4 kesesuaiannya ialah 58%. Strategi pengembangan ekowisata mangrove di desa Rawa Mekar Jaya adalah meningkatkan upaya penanaman mangrove pada wilayah pengembangan ekowisata mangrove sehingga mangrove dapat memenuhi kriteria sangat sesuai untuk kawasan wisata yang baik berdasarkan Indeks Kesesuaian Wisata (IKW), Meningkatkan partisipasi masyarakat lokal dalam mengembangkan kemampuan dan kreatifitas usaha wisata, seperti pembuatan souvenir dan mempromosikan wisata mangrove seperti mempromosikan wisata mangrove lewat internet maupun media lainnya untuk menarik wisatawan. Menjaga obyek wisata mangrove dengan tetap memperhatikan daya dukung kawasan dengan meningkatkan peran serta dinas terkait melalui penambahan sarana dan prasarana pendukung kegiatan wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:56
Last Modified: 13 Mar 2019 03:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21256

Actions (login required)

View Item View Item