Strategi Adaptasi Pedagang Pasa Ateh Bukittinggi Pasca Kebakaran di Pasar Penampungan

Sandra, Yulia (2018) Strategi Adaptasi Pedagang Pasa Ateh Bukittinggi Pasca Kebakaran di Pasar Penampungan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_Yulia_Sandra_14058055_6700_2018.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Kebakaran Pasa Ateh Bukittinggi mengakibatkan para pedagang kehilangan mata pencahariannya. Para pedagang yang terdampak kebakaran harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Pasca kebakaran para pedagang menemui berbagai masalah yaitu: (a) penurunan pendapatan, (b) keterbatasan modal, (c) lokasi berdagang, (d) kuantitas dan kualitas barang menurun. Melihat masalah yang dihadapi pedagang, para pedagang berusaha beradaptasi dengan situasi yang dihadapinya sekarang dalam mengatasi hal tersebut dibutuhkannya suatu strategi adaptasi dalam mempetahankan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan mendeskripsikan strategi adaptasi yang dilakukan pedagang Pasa Ateh Bukittinggi pasca kebakaran di Pasar Penampungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan tipe penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di Pasa Ateh Bukittinggi. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah informan 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dokumentasi, serta keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis data kualitatif Model Interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan strategi adaptasi pedagang Pasa Ateh Bukittinggi pasca kebakaran di Pasar Penampungan adalah: A. perubahan yang dialami pedagang di pasar penampungan pada penempatan kios, B. Strategi adaptasi yang dilakukan pedagang di pasar penampungan: 1) menyewakan atau menyewa kios yang digabungkan menjadi satu kios, 2) menyisihkan sebagian uang untuk biaya retribusi, 3) mengurangi kuantitas barang dagangan 4) . mempromosikan barang kepada konsumen, Promosi yang dilakukan pedagang yaitu dengan memberitahukan lokasi kiosnya secara lisan, 5). Pelayanan yang baik dan komunikasi yang aktif, dan 6) mempertahankan kualitas barang dan pemilihan barang dagangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:55
Last Modified: 13 Mar 2019 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21251

Actions (login required)

View Item View Item