StrategiAdaptasi MahasiswaUNP non Muslim dalam kegiatan Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) pada sekolah praktek lapangan di Kota Padang

Wende, Fransisca Margareta (2018) StrategiAdaptasi MahasiswaUNP non Muslim dalam kegiatan Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) pada sekolah praktek lapangan di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_Fransisca_Margareta_Wende_14058042_6698_2018.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti melihat mahasiswa UNP PLK non Muslim menjalankan Program Praktek Lapangan Kependidikan (PPLK) selama empat bulan di sekolah.Mahasiswa PLK non Muslim di sekolah menghadapi situasi yang lingkungan yang baru.Situasi yang di hadapi mahasiswa PLK non Muslim di sekolah yaitu aturan cara berpakaian muslimah (jilbab) yang di anjurkan untuk mahasiswa PLK non Muslim selama menjalankan Program Praktek Lapangan Kependidikan (PPLK). Dalam pelakasanaan Program Praktek Lapangan Kependidikan, mahasiswa PLK non Muslim memakai jilbab,bagi mahasiswa PLK non Muslim menjadi hal yang baru. Mahasiswa PLK non Muslim di sekolah beradaptasi dengan aturan pakaian muslimah (jilbab), hal yang baru dalam memakai jilbab membuat mahasiswa PLK non Muslim beradaptasi dengan memakai (jilbab). Mahasiswa PLK non Muslim belajar jilbab dengan orang-orang terdekat: (a) belajar jilbab dengan teman PLK, (b) belajar jilbab melalui youtube,(c)belajar jilbab dengan kakak yang mualaf. Selain beradaptasi dengan cara berpakaian, mahasiswa PLK non Muslim adaptasi dengan lingkungan sekolah: (a) adaptasi dengan teman PLK, (b) adaptasi dengan guru pamong, (c) adaptasi dengan siswa-siswi . Adaptasi yang terakhir yang di hadapi mahasiswa PLK non Muslim yaitu dalam kegiatan kerohanian kultum dan mahasiswa PLK non Muslim mengikuti acara hari raya besar Islam Tahun Baru Hiriyah. Kultum merupakan kegiatan kerohanian yang dilaksanakan setiap hari Jum’at. Kegiatan kultum diisi dengan acara membaca Al-Quran, mendengarkan ceramah guru, Nasyid (menyanyikan lagu Islami). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi adaptasi mahasiswa UNP PLK non Muslim. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori Struktural Fungsional dengan skema AGIL yang dikemukakan oleh Talcott Parsons. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah informan 31 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Analisis data yang dilakukan adalah model analisis data kualitatif model Interaktif Miles dan Huberman Hasil penelitian dari strategi adaptasi mahasiswa UNP PLK non Muslim dalam kegiatan PLK adalah; 1) adaptasi cara berpakaian , 2) adaptasi lingkungan sekolah, 3) adaptasi dengan kegiatan sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:42
Last Modified: 12 Mar 2019 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21232

Actions (login required)

View Item View Item