Studi Historiografi : Organisasi-Organisas Pergerakan Nasional Dalam Novel Jejak Langkah dan Rumah Kaca Karangan Pramoedya Ananta Toer

Hamdani, Benny (2018) Studi Historiografi : Organisasi-Organisas Pergerakan Nasional Dalam Novel Jejak Langkah dan Rumah Kaca Karangan Pramoedya Ananta Toer. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Benny_Hamdani_14046094_6644_2018.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengaji tentang organisasi-organisasi pergerakan nasional dari sudut pandang karya sastra. Karya yang diteliti adalah novel Pramoedya Ananta Toer yang berjudul Jejak Langkah dan Rumah Kaca. Sebagai salah satu dari sumber sejarah, kedua novel ini mampu menjelaskan bagaimana kemunculan dan perkembangan organisasi-organisasi pergerakan nasional yang muncul pada awal abad ke-20. Penelitian ini bertujuan memaparkan bagaimana organisasi-organisasi pergerakan nasional yang disorot melalui karya sastra atau novel dari Pramoedya Ananta Toer. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dimana penelitian ini membatasi diri pada bahan-bahan koleksi dari kepustakaan saja tanpa melakukan riset ke lapangan (data wawancara). Pendetakan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif historis dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa, kemunculan organisasi-organisasi pergerakan nasional berawal dari ketidakpuasan dari organisasi-organisasi sebelumnya yang berwatak bangsa ganda atau kesukuan. Oleh sebab itu mulai muncul upaya-upaya untuk menciptakan organisasi baru dengan landasan yang lebih luas dan mencakup semua bangsa yang ada di Hindia. Salah satu landasannya adalah perdagangan, keislaman, dan garis keturunan (indische).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:42
Last Modified: 12 Mar 2019 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21231

Actions (login required)

View Item View Item