Implementasi Penilaian Afektif dalam Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pariaman

Marniati, Nia (2018) Implementasi Penilaian Afektif dalam Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Nia_Marniati_14052012_6566_2018.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian afektif dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pariaman. Implementasi penilaian afektif dilihat dari pelaksanaannya, kendala yang dihadapi guru dan upaya yang dilakukan sekolah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposif (purposive sampling). Data dikumpulkan melalui observasi, analisis dokumen, dan wawancara. Teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tidak merencanakan instrumen penilaian afektif dalam RPP, sehingga tidak melakukan pencatatan/penilaian kompetensi afektif peserta didik pada instrumen penilaian sesuai dengan ketentuan dalam PBM. Begitu pula halnya pada tahap pengolahan, tidak terdapat rekap nilai afektif selama 1 semester sebagai dasar pemberian nilai akhir afektif peserta didik berupa predikat maupun deskripsi. Hal tersebut disebabkan karena beberapa kendala yang dihadapi guru diantaranya : guru kurang mampu mengembangkan instrumen penilaian afektif, jumlah siswa yang banyak dan waktu yang sedikit sehingga guru tidak mengisi lembar/instrumen penilaian afektif dalam PBM, dan sebagainya. Adapun upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kendala tersebut yaitu memberikan pembinaan, mengadakan lokakarya dan workshop. Dapat disimpulkan, pelaksanaan penilaian afektif yang tidak sesuai dengan ketentuan penilaian pada suatu tahap akan mempengaruhi tahap lainnya. Penilaian yang sesuai dengan ketentuan dan standar penilaian akan menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran PPKn begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:42
Last Modified: 12 Mar 2019 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21230

Actions (login required)

View Item View Item