Kemampuan Siswa IIS dalam Membaca Peta di SMA Negeri 2 Padang

Desmawati, Desmawati (2018) Kemampuan Siswa IIS dalam Membaca Peta di SMA Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Desmawati_14045046_5678_2018.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaterbelakangi oleh pentingnya kemampuan membaca peta untuk dibentuk selama di SMA namun masih banyak siswa SMA yang mengambil jurusan IIS belum mampu dalam membaca peta saat serta kurangnya minat siswa terhadap peta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam membaca peta dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan membaca peta antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode kuantitatif dan menggunakan peta umum dan peta tematik serta angket sebagai instrumen penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa IIS kelas XI di SMA Negeri 2 Padang yang berjumlah 56 orang, dan diambil sebagai sampel sebanyak 28 orang dengan menggunakan metode Simple Random Sampling. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dengan rumus persentase dan uji T Test dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa IIS dalam membaca peta umum tergolong kurang dengan persentase 71,4% dan kemampuan membaca peta tematik tergolong cukup dengan persentase 60,7%. Kemudian, berdasarkan uji T Test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan kemampuan membaca peta antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Jika dilihat dari rata-rata nilai kemampuan membaca peta, siswa laki-laki memiliki kemampuan membaca peta lebih baik dibandingkan siswa perempuan baik dalam membaca peta umum ataupun membaca peta tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:42
Last Modified: 12 Mar 2019 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21229

Actions (login required)

View Item View Item