Implementasi Perda Kota Padang Nomor 2 Tahun 2013 tentang Penanggulangan Kemiskinan dan Peningkatan Kesejahteraan oleh Dinas Sosial di Kecamatan Koto Tangah

Simamora, Yesi Ermaini (2018) Implementasi Perda Kota Padang Nomor 2 Tahun 2013 tentang Penanggulangan Kemiskinan dan Peningkatan Kesejahteraan oleh Dinas Sosial di Kecamatan Koto Tangah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Yesi_Ermaini_Simamora_14042035_5970_2018.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penanggulangan kemiskinan adalah kebijakan dari program pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang dilakukan secara sistematis, terencana, dan bersinergi dengan dunia usaha dan masyarakat untuk mengurangi jumlah penduduk miskin dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Perda Kota Padang Nomor 2 Tahun 2013 tentang Penanggulangan Kemiskinan dan Peningkatan Kesejahteraan oleh Dinas Sosial di Kecamatan Koto Tangah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pada pelaksanaan penanggulangan kemiskinan tidak tepat sasaran, masih banyaknya terdapat masyarakat miskin khususnya di Kecamatan Koto Tangah dan kurang kesadaran dari masyarakat yang mengaku miskin. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ditentukan secara purposive dan random. Data dikumpulkan dengan cara melakukan wawancara, observasi dan studi dokumentasi serta direduksi agar bisa ditarik kesimpulan dari data yang telah didapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan program penanggulangan kemiskinan yang belum efektif, faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan dapat dinilai dengan menggunakan model Edward, yaitu dari segi komunikasi yang kurang efektif kepada kelompok sasaran, sumberdaya yang tersedia belum memadai, sikap pelaksana kebijakan masih kurang baik, dan struktur birokrasi cukup sederhana namun memiliki SOP yang cukup rumit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:42
Last Modified: 12 Mar 2019 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21227

Actions (login required)

View Item View Item