Kendala Dalam Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Geografi (Studi Kasus SMA Pembangunan dan SMA Negeri 8 Padang).Kendala dalam Pelaksanaan Penilaian Autentik pada Pembelajaran Geografi (Studi Kasus SMA Pembangunan dan SMA Negeri 8 Padang

Cania, Indyana Rachma (2018) Kendala Dalam Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Geografi (Studi Kasus SMA Pembangunan dan SMA Negeri 8 Padang).Kendala dalam Pelaksanaan Penilaian Autentik pada Pembelajaran Geografi (Studi Kasus SMA Pembangunan dan SMA Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Indyana_Rachma_Cania_14045042_6529_2018.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada beberapa guru geografi yang belum sepenuhnya menjalankan penilaian autentik sesuai dengan ketentuanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi guru geografi dalam melaksanakan penilaian autentik dan apa solusi untuk mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pedoman wawancara dan lembar observasi sebagai alat pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini adalah guru geografi. Analisis data yang digunakan yaitu: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik yaitu kendala waktu karena beberapa teknik penilaian membutuhkan banyak waktu, kendala fasilitas yang dimiliki belum memadai, kurangnya pemahaman guru tentang pelaksanaan penilaian autentik, dan karakter siswa siswa tidak jujur dan siswa tidak memiliki motivasi belajar. 2) solusi untuk mengatasi kendala yang terjadi yaitu dengan memanfaatkan waktu dengan maksimal, memberi tugas yang ringan tanpa membutuhkan fasilitas tertentu, memberi pemahaman dan buku pedoman tentang penilaian autentik kepada guru, dan memotivasi siswa agar menjadi pribadi lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Mar 2019 06:41
Last Modified: 11 Mar 2019 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21216

Actions (login required)

View Item View Item