Penyebab Bermukimnya Masyarakat di Kawasan Rawan Banjir Jorong Ganting Nagari Sitanang Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam

Aisyah, Aisyah (2018) Penyebab Bermukimnya Masyarakat di Kawasan Rawan Banjir Jorong Ganting Nagari Sitanang Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Aisyah_1301888_6496_2018.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui tingkat kerawanan banjir Jorong Ganting Kabupaten Agam 2) faktor penyebab bermukimnya masyarakat di kawasan rawan banjir Jorong Ganting Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Jorong Ganting Kabupaten Agam, dengan sampel 61 Kepala Keluarga. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kosioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis menggunakan metode pengskoran metode Scoring/pengharkatan untuk tingkat kerawanan banjir, sedangkan untuk faktor penyebab bermukimnya masyarakat menggunakan analisis crosstab (tabulasi silang) dengan statistik nilai chi-kuadrat secara manual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) tingkat kerawanan banjir Jorong Ganting Kabupaten Agam terdiri atas 4 kelas kerawanan yaitu kerawanan banjir tidak rawan dengan luas 102,20 Ha berada di hutan dan lahan terbuka Jorong Ganting, cukup rawan dengan luas 112,55 Ha berada di lahan terbuka Jorong Ganting, rawan dengan luas 92,62 Ha berada di kebunnya masyarakat Jorong Ganting dan sangat rawan dengan luas 381,42 Ha berada tepat dipermukiman masyarakat Jorong Ganting serta perkebunan, sawah masyarakat yang mereka garap untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. (2) faktor bermukimnya masyarakat di kawasan rawan banjir Jorong Gantiang Kabupaten Agam ada tiga faktor yaitu a) lama bermukim, karena sudah banyaknya kenang-kenangan dan juga sudah adanya rumah yang mereka miliki. b) tingkat pendapatan, karena rendahnya pendapatan masyarakaat yaitu pendapatan rata-rata per bulan Rp. 500.000 sehingga tidak memungkinkan mereka untuk pindah. c) lokasi pekerjaan, mendominasi pekerjaan masyarakat Jorong Ganting adalah bertani yang berada disekitar Jorong Ganting tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Mar 2019 06:41
Last Modified: 11 Mar 2019 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21212

Actions (login required)

View Item View Item