Pengembangan Media Diorama Sejarah pada Materi Corak Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara untuk kelas X di SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Sorita, Iin (2018) Pengembangan Media Diorama Sejarah pada Materi Corak Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara untuk kelas X di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Iin_Sorita_14046069_6725_2018.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi karena belum adanya pembelajaran yang dapat menekankan pada aspek berpikir sejarah adalah suatu proses. Berdasarkan observasi yang dilakukan siswa masih belum mampu melihat sejarah sebagai suatu suatu proses atau perubahan yang telah terjadi dan kurangnya motivasi siswa untuk belajar sejarah. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media diorama sejarah yang layak dan praktis digunakan oleh guru maupun siswa dalam pembelajaran sejarah agar siswa mampu melihat sejarah sebagai suatu proses dan perubahan yang telah terjadi pada masa lampau. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), dengan mengikuti model 4D yang terdiri 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Dessminate atau diadaptasikan menjadi 4P yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan penyebaran. Namun dalam penelitian hanya sampai pada pengembangan. Subjek uji coba penelitian dilakukan uji validitas dan praktikalitas berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, guru sejarah dan siswa dengan menggunakan angket untuk menilai kelayakan dan kepraktisan media. Data dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media berdasarkan penilaian dari ahli materi sebesar 4,5 dan penilaian dari ahli media sebesar 4,55, hal ini menunjukkan bahwa media diorama sejarah sangat layak untuk digunakan. Sedangkan untuk uji coba praktikalitas oleh guru dan siswa diperoleh rata-rata penilaian sebesar 4,38 dan 4,47 yang menunjukkan bahwa media diorama sejarah sangat praktis digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: S.Sos Sudia Ajjronisa
Date Deposited: 11 Mar 2019 02:40
Last Modified: 11 Mar 2019 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21199

Actions (login required)

View Item View Item