Peran Orang Tua Tunggal Laki-Laki dalam Membina Moral Anak di Kabupaten Tanah Datar Kecamatan Lima Kaum Nagari Parambahan

Jannah, Daratul (2018) Peran Orang Tua Tunggal Laki-Laki dalam Membina Moral Anak di Kabupaten Tanah Datar Kecamatan Lima Kaum Nagari Parambahan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Daratul_Jannah_14052066_6679_2018.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Keluarga adalah suatu kelompok yang terdiri dari dua orang atau lebih yang terikat oleh ikatan darah, perkawinan, serta tinggal bersama. Keluarga inti terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Keluarga sebagai fungsi sosialisasi berperan dalam membentuk kepribadian anak dan moral anak. Berkembangnya kebudayaan akan mempengaruhi proses sosialisasi pada keluarga masa kini, dimana pada zaman sekarang ini sering terjadi perceraian. Perceraian mengakibatkan fungsi keluarga mengalami gangguan dan pihak yang bercerai harus dapat menyesuaikan diri dengan situasi yang baru seperti hidup sendiri menjanda/menduda atau bisa juga disebut single parent. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ayah sebagai orang tua tunggal serta hambatannya dalam menanamkan moral kepada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar. Adapun informan dalam penelitian ini berasal dari ayah tunggal yang ada di Kabupaten Tanah Datar Kecamatan Lima Kaum Nagari Parambahan. Jenis data dalam penelitian ini terbagi dua yaitu primer berupa data yang di dapat dari sumber datanya. Kemudian sekunder yaitu data yang peneliti kumpulkan dari sumber yang telah ada. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data hasil penelitian, peneliti menggunakan cara pertama, melakukan Triangulasi Sumber dan kedua, member ceck. Peneliti melakukan analisis data, dimulai dari peneliti mereduksi data hasil penelitian, kemudian penyajian data dalam bentuk naratif dan melakukan verivikasi serta penarikan kesimpulan. Ada empat peranan ayah sebagai orang tua tunggal dalam pembinaan moral anaknya yaitu, mengajarkan anak nilai keagamaan, kemudian menanamkan nilai sopan santun, lalu membina anak untuk mandiri serta menanamkan sikap bertanggung jawab kepada anak. Dalam proses pembinaan tersebut akan dijumpai faktor penghambat dalam pembinaan moral ayah sebagai orang tua tunggal yaitu pertama tidak bisa membagi waktu, kedua faktor ekonomi, ketiga lingkungan, dan keempat keterbukaan antara ayah dan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Mar 2019 02:38
Last Modified: 11 Mar 2019 02:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21185

Actions (login required)

View Item View Item