Efektivitas Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan di Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Datar

Febria, Putri Dwi (2018) Efektivitas Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan di Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Putri_Dwi_Febria_14042090_5784_2018.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Penggunaan teknologi informasi merupakan suatu kebutuhan, termasuk dalam bidang penyelenggaraan pemerintahan. Dalam proses pengelolahan keuangan daerah seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharuskan untuk menggunakan aplikasi Sistem Infomasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan. Aplikasi SIMDA Keuangan bertujuan untuk membantu OPD dalam proses perencanaan, penganggaran, realisasi anggaran hingga proses pertanggung jawaban laporan keuangan. Penelitian ini berfokus pada seberapa efektif penerapan aplikasi SIMDA Keuangan di Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Datar untuk membantu proses pengelolahan keuangan hingga menghasilkan laporan keuangan yang akurat, berkualitas, dan tepat waktu. Indikator pengukuran efektivitas yang digunakan dalam penelitian ini antara lain keberhasilan program, keberhasian sasaran, kepuasan terhadap program, dan pencapaian tujuan secara menyeluruh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian ditentukan dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi, selanjutnya data direduksi lalu ditarik kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi SIMDA keuangan sudah berhasil diterapkan di sekretariat sejak tahun 2009. Aplikasi ini sangat efektif karena membuat proses pengelolahan keuangan menjadi lebih mudah dan laporan dapat dihasilkan dengan cepat dan akurat. Namun efektivitas penerapannya di sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Datar masih belum maksimal karena masih terdapat beberapa faktor penghambat seperti masih banyaknya pegawai yang tidak bisa mengoperasikan SIMDA sehingga beberapa tujuan belum tercapai dengan maksimal, belum diadakannya pelatihan khusus penggunaan SIMDA untuk pegawai, masih kurangnya ketersediaan perangkat keras serta gangguan jaringan yang sering menghambat proses penggunaan SIMDA Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: S.Sos Sudia Ajjronisa
Date Deposited: 11 Mar 2019 02:36
Last Modified: 11 Mar 2019 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21181

Actions (login required)

View Item View Item