Efektivitas Penerapan Aplikasi Sistem Database Perencanaan Pembangunan Daerah (SDP2D) di Kantor Bappeda Provinsi Sumatera Barat

Veruzia, Ramela (2018) Efektivitas Penerapan Aplikasi Sistem Database Perencanaan Pembangunan Daerah (SDP2D) di Kantor Bappeda Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Ramela_Veruzia14042093_5782_2018.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

BAPPEDA Provinsi Sumatera Barat mempunyai peran yang sangat penting dalam melaksanakan perencanaan pembangunan daerah, SDP2D adalah sebuah sistem database penyediaan data dan informasi sebagai upaya pengelolaan basis data yang terintegrasi, berkualitas dan mudah di akses berbagai pihak, dalam upaya peningkatan kualitas perencanaan pembangunan daerah. Penelitian ini dilakukan karena masih banyaknya terdapat masalah didalam penerapan Aplikasi SDP2D seperti tidak lengkapnya data yang diterima menyebabkan lambatnya proses pengelolaan data, sulitnya Bappeda Provinsi Sumbar menerima perubahan dalam melakukan penghimpunan data terhadap Aplikasi SDP2D, kemudian masih rendahnya perhatian para pegawai terhadap forum data untuk komunikasi dan informasi perencanaan pembangunan didaerah. Ada 3 (tiga) tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk menganalisis Efektivitas Penerapan Aplikasi Sistem Database Perencanaan Pembangunan Daerah (SDP2D) di Kantor Bappeda Provinsi Sumatera Barat (2) Untuk menganalisis kelemahan Penerapan Aplikasi Sistem Database Perencanaan Pembangunan Daerah (SDP2D) di Kantor Bappeda Provinsi Sumatera Barat dan (3) Untuk menganalisis upaya Bappeda dalam mengatasi kelemahan Penerapan Aplikasi (SDP2D) di Bappeda Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian ini di BAPPEDA Provinsi Sumatera Barat. Purposive Sampling adalah cara peneliti untuk menentukan informan yang sesuai dengan kajian yang akan diteliti. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu berupa data primer dan data sekunder melalui wawancara di Bidang Pengendalian, Evaluasi Dan Data Informasi di Kantor Bappeda Provinsi Sumatera Barat dan dari dinas OPD serta studi dokumentasi berupa foto wawancara. Teknik triangulasi merupakan cara untuk menguji keabsahan data selanjutnya untuk menganalisis data dilakukan dengan mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) efekivitas penerapan Aplikasi SDP2D di Kantor Bappeda Provinsi Sumatera Barat efektif cuman belum maksimal dikarenakan baru satu tahun pertama, diharapkan untuk tahun kedua efektif, (2) definisi operasional dalam Aplikasi SDP2D bermasalah disetiap elemen data dan jumlah data yang ada dalam Aplikasi SDP2D terlalu banyak yang mengakibatkan lambatnya proses penghimpunan data, (3) upaya dalam mengatasi kelemahan tersebut pihak Bappeda dilakukannya pertemuan yang intens.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Mar 2019 02:35
Last Modified: 11 Mar 2019 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21175

Actions (login required)

View Item View Item