Dampak Sosial Penambangan Pasir Ilegal Terhadap Kerusakan Lingkungan Hidup di Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman

Ramadani, Lusi (2018) Dampak Sosial Penambangan Pasir Ilegal Terhadap Kerusakan Lingkungan Hidup di Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Lusi_Ramadani_14052077_6676_2018.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ketimpangan sosial ekonomi dan ketimpangan sosial budaya akibat penambangan pasir ilegal serta untuk mengetahui bagaimana dampak fisik lingkungan akibat penambangan pasir illegal terhadap kerusakan lingkungan hidup di Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskritif. Informan penelitian sebanyak 13 orang, ditentukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Selanjutnya dilakukan uji keabsahan data yaitu dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan varifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketimpangan sosial ekonomi menyebabkan perbedaan pendapatan dan kesejahteraan keluarga antara masyarakat penambang dan non penambang.Ketimpangan sosial budaya disebabkan karena wawasan pendidikan, hubungan kekerabatan serta adanya alih teknologi penambangan, dan dampak fisik lingkungan akibat penambangan pasir ilegal adalah kerusakan lingkungan.Kerusakan lingkungan yang terjadi dikelompokkan menjadi tiga yaitu kerusakan jalan, pencemaran air, dan banjir atau longsor.Kerusakan yang terjadi mengakibatkan kerugian, kekhawatiran dan ketakutan terhadap masyarakat serta mengancam kehidupan manusia dan lingkungan hidup lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Mar 2019 03:49
Last Modified: 08 Mar 2019 03:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21174

Actions (login required)

View Item View Item