Aplikasi Penginderaan Jauh untuk Indeks Vegetasi dengan Kadar Klorofil pada Tanaman Padi di Kec. Koto Tangah Kota Padang

Fitri, Hanifa (2018) Aplikasi Penginderaan Jauh untuk Indeks Vegetasi dengan Kadar Klorofil pada Tanaman Padi di Kec. Koto Tangah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Hanifa_Fitri_13101899_5721_2018.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang yang bertujuan untuk mengetahui korelasi antara nilai Indeks Vegetasi dengan kadar klorofil pada tanaman padi dan mengetahui bagaimana perkembangan nilai NDVI (Normalization Difference Vegetations index) dan kadar klorofil dari fase-fase pertumbuhan padi (fase vegetative, fase reproduktif, dan fase ripening). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji labolatorium dengan spektrofotometri dan metode regresi linier sederhana untuk mengetahui korelasi antara kedua variabel. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berupa pengambilan sampel daun padi dan koordinat titik sampel, sedangkan data sekundernya adalah citra landsat 8 yang diperoleh dari website USGS. Daun padi yang diambil akan diukur kadar klorofilnya mengunakan metode dari Wintermans and De Mots menggunakan alat Spektrofotometer di laboratorium Kopertis Wilayah X. Hasil pengukuran tersebut selanjutnya bersama dengan indeks vegetasi (NDVI) dari citra satelit dianalisis dengan metode regresi linier sederhana menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil dari analisis regresi maka didapatkan korelasi yang paling kuat antara kadar klorofil dengan NDVI yaitu pada masa pertumbuhan padi saat fase reproduktif ditunjukkan oleh nilai R2=0.783 dengan bentuk hubungan Y=0.450+0.15x, dimana Y merupakan NDVI dan x merupakan kadar klorofil. Perkembangan NDVI dengan kadar klorofil tanaman padi dari fase pertumbuhan tanaman padi berbentuk kurva parabola yaitu terdapatnya titik tertinggi sebagai puncak dari nilai NDVI dan kadar klorofil pada fase reproduktif tanaman padi dan akan menurun nilainya pada fase ripening.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: S.Sos Sudia Ajjronisa
Date Deposited: 06 Mar 2019 08:37
Last Modified: 06 Mar 2019 08:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21163

Actions (login required)

View Item View Item