Efektivitas Penerapan Aplikasi Sitem Informasi Pembangunan Daerah (SIMBANGDA) pada Bagian Keuangan di Kantor DPRD Provinsi Sumatera Barat

Ramadhani, Nira Elsa (2018) Efektivitas Penerapan Aplikasi Sitem Informasi Pembangunan Daerah (SIMBANGDA) pada Bagian Keuangan di Kantor DPRD Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Nira_Elsa_Ramadhani_14042009_5783_2018.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini pemanfaatan teknologi informasi pada instansi-instansi pemerintahan semakin banyak ditemui. Salah satu bentuk pemanfaatan sistem informasi manajemen dalam organisasi pemerintahan adalah Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIMBANGDA). Aplikasi SIMBANGDA merupakan perangkat lunak yang didesain untuk mempermudah dan mengintegrasikan data anggaran yang tersedia pada tiap bulan anggaran terhadap pelaporan perkembangan realisasi keuangan dan keadaan realisasi fisik pekerjaan yang dilakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Data-data yang ada pada Aplikasi SIMBANGDA ini akan dijadikan pedoman dalam proses pengambilan keputusan untuk perencanaan pembangunan. Penelitian ini dilaksanakan pada Bagian Keungan di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat. Terdapat 3 (tiga) tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui efektivitas penerapan aplikasi SIMBANGDA pada Bagian Keungan di Kantor DPRD Provinsi Sumbar (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam efektivitas penerapan Aplikasi SIMBANGDA (3) Untuk mengetahui upaya apa yang dilakuan dalam meningkatkan efektivitas penerapan aplikasi SIMBANGDA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian dilakukan dengan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi.Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber, selanjutnya data direduksi dan ditarik kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdiri atas 3 indikator (a) Dalam Pencapaian tujuan masih belum maksimal karena masih terdapat kesalahan dalam perhitungan realisasi keungan pada aplikasi tersebut (b) Integrasi atau Sosialiasi yang dilakukan oleh pihak pengelola dirasakan juga masih kurang oleh operator SIMBANGDA (c) serta adaptasi dari operator SIMBANGDA sendiri masih belum maksimal karena masih ada yang belum memahami cara menggunakan Apliaksi SIMBANGDA (2) ketersedian perangkat keras dan perangkat lunak yang sudah cukup memadai. dan (3) masih terdapat kesalahan operator dalam proses entry data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Mar 2019 08:37
Last Modified: 06 Mar 2019 08:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21162

Actions (login required)

View Item View Item