Peranan Kelompok Siaga Bencana (KSB) untuk Mewujudkan Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Bencana di Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Jelita, Muhardina (2018) Peranan Kelompok Siaga Bencana (KSB) untuk Mewujudkan Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Bencana di Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Muhardina_Jelita_14042087_6103_2018.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Kecamatan Padang Utara merupakan daerah yang rawan terhadap bencana diantaranya banjir, abrasi pantai dan merupakan salah satu zona merah/hight risk zone bencana gempa bumi dan tsunami. Penelitian membahas mengenai peranan yang dilakukan oleh Kelompok Siaga Bencana di Kecamatan Padang Utara untuk membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. untuk mengetahui peranan apa yang di lakukan oleh kelompok siaga bencana dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait risiko bencana, dampak yang di timbulkan, dan upaya-upaya yang di lakukan untuk meminimalkan risiko bencana tersebut. Metode penelitian yang di gunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui hasil wawancara dan studi dokumentasi. Informan penelitian ditentukan dengan menggunakan metode pusrposive dan insidental. Dalam menganalisis data diawali dengan melakukan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada saat pra bencana Kelompok Siaga Bencana berperan memberikan Sosialisasi dan Edukasi kepada masyarakat. Namun kegiatan ini masih menemui kendala sehingga kegiatan tersebut belum berjalan efektif. Kecamatan Padang Utara memiliki tujuh kelurahan dan masing masing keluharan memiliki kelompok siaga bencana. Namun tidak semua kelompok siaga bencana di kecamatan Padang Utara yang aktif melakukan kegiatan peningkatan kesiapsiagaan. hal ini karena beberapa kendala yang dialami oleh Kelompok Siaga Bencana. Kendala tersebut antara lain tidak adanya dana operasional kegiatan yang dimiliki oleh Kelompk Siaga Bencana, tidak ada nya sarana dan prasarana penujang kegiatan, kondisi anggota ada yang sebagian tidak peduli, dan kondisi masyarakat yang ada di wilayah tersebut. Kelompok Siaga Bencana merupakan mitra dari BPBD Kota Padang dalam pengurangan risiko bencana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: S.Sos Sudia Ajjronisa
Date Deposited: 06 Mar 2019 06:48
Last Modified: 06 Mar 2019 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21159

Actions (login required)

View Item View Item