Tes Potensi Anak Cerdas Istimewa dan Berbakat Istimewa (Model Penelitian dan Pengembangan untuk Mengungkap Kemampuan Siswa Sekolah Dasar di Wilayah Sumatera dan Jawa Tahun Pelajaran 2015/2016)

Nurhastuti, Nurhastuti (2017) Tes Potensi Anak Cerdas Istimewa dan Berbakat Istimewa (Model Penelitian dan Pengembangan untuk Mengungkap Kemampuan Siswa Sekolah Dasar di Wilayah Sumatera dan Jawa Tahun Pelajaran 2015/2016). Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

[img]
Preview
Text
disertasi nurhastuti 12.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mendapatkan instrumen standar untuk mengungkap kemampuan potensi dari anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan alat ukur menemukan potensi anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa. Sampel dari penelitian ini adalah siswa berprestasi akademik di sekolah dasar dengan karakteristik sekolah unggulan yaitu 14 sekolah dasar di Jawa dan Sumatera sebanyak 430 siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil uji penimbang ahli (content validity)alat ukur menunjukkan bahwa instrumen telah memenuhi validitas konten. (2) Hasil uji keterbacaan alat ukur menunjukkan bahwa semua anak telah mampu memahami dan mengerti dengan baik dari penggunaan bahasa, konten dan maksud pertanyaan. (3)Hasil uji construct validity instrumen menunjukan bahwa semua item instrumen telah menunjukkan validitas yang tinggi. (4)Hasil uji concurrent validity menunjukkan bahwa instrumen memiliki korelasi pada kategori tinggi dengan tes IQ. (5)Hasil uji predictive validity menunjukan bahwa instrumen memiliki korelasi pada kategori tinggi dengan nilai rapot. (6)Hasil uji reliabilitas dengan internal consistency menunjukan bahwa instrumen memiliki kehandalan dan dapat dipercaya dalam mengukur potensi anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa. (7)Hasil uji reliabilitas dengan testretest reliability instrumen menunjukan bahwa instrumen memiliki derajat skor tes konsisten dari waktu ke waktu. (8)Hasil uji daya beda instrumen menunjukan bahwa instrumen memiliki tingkat kesukaran yang berbeda-beda, dimana kelompok anak kelas atas memiliki rata-rata nilai soal yang lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata soal kelas bawah. (9)Hasil uji kesukaran instrumen menunjukan bahwa instrumen memiliki tingkat kesukaran yang tidak seimbang dimana proporsi pertanyaan untuk kategori sedang lebih besar dibandingkan dengan proporsi pertanyaan untuk kategori sukar dan mudah. Keterbatasan Instrumen terdapat beberapa hal: (1)Waktu pengerjaan instrumen ini membutuhkan waktu yang cukup lama; (2) Ketidakseimbangan soal setiap aspek; (3) Biaya pengujian instrumen cukup mahal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 21 Jan 2019 08:38
Last Modified: 21 Jan 2019 08:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20677

Actions (login required)

View Item View Item