Analisis Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Padang

Asnita, Asnita (2018) Analisis Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ASNITA_14053052_5018_2018.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah, kendala-kendala yang dihadapi dalam kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi ketika pelaksanaan kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Padang. Metode penelitian ini adalahn deskriptif kualitatif, dengan sumber data beberapa informan kunci melalui hasil wawancara dan pengamatan langsung ke objek penelitian. Data sekunder yang mendukung penelitian ini diperoleh dari dokumen-dokumen yang tersdia di tempat objek penelitian. Untuk menguji keabsahan data digunakan Triangulasi Sumber. Berdasarkan informasi dari informan penelitian ini dapat dijelaskan bahwa kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah secara keseluruhan belum terlaksana dengan optimal. Hal ini dapat diketahui bahwa cara pemeliharaan yang dilakukan di ruang kelas dan ruang perpustakaan yaitu pemeliharaan berkalam berkesinambungan serta pemeliharaan yang bersifat preventif. Pedoman yang digunakan untuk kegiatan pemeliharaan yaitu berdasarkan Peraturan Pemerintah yang telah ditetapkan, sedangkan untuk kegiatan pemeliharaan pihak sekolah tidak menggunakan kartu kontrol sebagai bukti bahwa pemeliharaan telah dilakukan. Beberapa kendala yang menyebabkan kurang optimalnya kegiatan pemeliharan sarana dan prasarana di objek penelitian diantaranya disebabkan oleh: 1) Sulitnya pencairan dana yang digunakan untuk kegiatan pemeliharaan, 2) Teradat sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran mengalami kerusakan, 3) Luas ruangan perpustakaan yang tidak memadai, 4) Rak-rak buku yang ada di ruang perpustakaan jumlahnya tidak memadai. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut diantaranya adalah dengan memperbaiki sendiri jika terdapat sarana atau prasarana yang rusak, mengupayakan untuk membuat dan menambah jumlah rak-rak buku di ruang perpustakaan. Berdasarkan penelitian di atas rekomendasi yang dapat penulis sarankan kepada pihak sekolah yaitu lebih meningkatkan perhatian terhadap sarana dan prasarana yang ada. kegiatan pemeliharaan yang dilakukan secara maksimal dapat memperpanjang nilai ekonomis dari sarana dan prasarana tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Jan 2019 07:22
Last Modified: 16 Jan 2019 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20562

Actions (login required)

View Item View Item