Minat Siswa dalam Permainan Kecil Melalui Proses Pembelajaran Penjasorkes di SD Negeri 32 Gurun Panjang Kecamatan Byang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat

Amri, Suryanur (2017) Minat Siswa dalam Permainan Kecil Melalui Proses Pembelajaran Penjasorkes di SD Negeri 32 Gurun Panjang Kecamatan Byang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SURYANUR_AMRI_15086439_2290_2017.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu Minat Siswa Dalam Permainan Kecil Melalui Proses Pembelajaran Penjasorkes Di SD Negeri 32 Gurun Panjang Kecamatan Byang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap peranan guru, sarana dan prasarana dan penguasaan materi dalam pelaksanaan permainan kecil terhadap proses belajar mengajar pembelajaran penjasorkes. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan tentang Minat Siswa Dalam Permainan Kecil Melalui Proses Pembelajaran Penjasorkes Di SD Negeri 32 Gurun Panjang Kecamatan Byang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Pengambilan sampel menggunakan teknik Pourposive sampling yaitu perwakilan siswa kelas IV dan V yang berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan data dengan observasi dan menyebarkan angket dengan menggunakan skala guttman. Dengan dua alternative jawaban”ya” dan”tidak”. Data dianalisis dengan menggunakan rumus distribusi frekwensi dalam bentuk persentase. Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: variabel pelaksanaan permainan kecil dalam pembelajaran penjasorkesdari 16 pertanyaan yang diajukan tentang peranan guru, tingkat capaian responden mencapai 79,00 %. Kemudian variabel sasaran yang ingin dicapai pada sarana dan prasarana dari 10 pertanyaan yang diajukan, tingkat capaian responden mencapai 79,40 %. Sedangkan variabel tentang penguasaan materi dari 4 pertanyaan yang diajukan, tingkat capaian responden mencapai 68,50 %. Dari keseluruhan variabel diperoleh hasil persentase 77,73 %. Dimana dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat pencapaian Minat Siswa Dalam Permainan Kecil Melalui Proses Pembelajaran Penjasorkes Di SD Negeri 32 Gurun Panjang Kecamatan Byang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat dikategorikan Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Jan 2019 07:15
Last Modified: 16 Jan 2019 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20460

Actions (login required)

View Item View Item