Suryadi (2017) : Minat Siswa Puteri dalam Pembelajarn penjasorkes di Madrasah Aliyah Negeri 3 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar

Suryadi, Suryadi (2017) Suryadi (2017) : Minat Siswa Puteri dalam Pembelajarn penjasorkes di Madrasah Aliyah Negeri 3 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SURYADI_14086214_2391_2017.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Minat siswa putri di MAN 3 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar dalam Pembelajaran penjasorkes masih rendah, sebahagian siswa terutama siswa puteri banyak yang asal-asalan dalam melakukan aktivitas olahraga yang diajarkan, ada juga yang hanya karena takut dimarahi oleh guru tersebut, sehingga terkesan terpaksa bukan merasa senang dengan bidang studi ini. Penyebabnya dipengaruhi oleh minat dan motivasi siswa terhadap mata pelajaran penjasorkes, alokasi waktu yang tersedia, program pengajaran, metoda yang digunakan oleh guru serta sarana dan prasarana. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan tentang gambaran minat siswa putri terhadap pembelajaran penjasorkes di MAN 3 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar Terhadap Pembelajaran Penjasorkes. Populasi penelitian adalah 144 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Stratified random sampling, jadi sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari 144 siswa, dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 36 orang. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dalam bentuk persentase. Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Minat siswa puteri terhadap Pembelajaran penjasorkes di MAN 3 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar dengan indikator keinginan diklasifikasikan baik dengan perolehan rata-rata = 3,67 dengan persentase (73,45%). (2) Minat siswa puteri terhadap Pembelajaran n penjasorkes di MAN 3 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar dengan indikator sikap diklasifikasikan baik dengan perolehan rata-rata = 3,17 dengan persentase (63,46%). (3) Minat siswa puteri terhadap mata pelajaran penjasorkes di MAN 3 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar. Dalam indikator tanggapan diklasifikasikan baik dengan perolehan rata-rata = 3,03 dengan persentase (61,00%). Berdasarkan dari ketiga indikator maka didapat rata-rata variabel minat siswa puteri terhadap mata pelajaran penjasorkes di MAN 3 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar yaitu = 3,29 dengan persentase (65,97%). Maka dapat disimpulkan bahwa minat siswa puteri terhadap Pembelajaran penjasorkes di MAN 3 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar diklasifikasikan “Baik”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Jan 2019 07:14
Last Modified: 16 Jan 2019 07:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20459

Actions (login required)

View Item View Item