Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Cooperative Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Bukittinggi

Fahmi, Ridho Fachrul (2017) Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Cooperative Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RIDHO_FACHRUL_FAHMI_1303060_5679_2017.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi penulis di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Bukittinggi, Pembelajaran Penjasorkes di sekolah belum tercapai dengan maksimal, hal ini mungkin dipengaruhi beberapa faktor seperti motivasi siswa, sarana dan prasarana, lingkungan, metode pembelajaran,serta siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan mengetahui bagaimana Motivasi Siswa belajar Penjas orkes dengan menggunakan metode Cooperative Learning di SMPN 4 Kota Bukittinggi melalui instrument angket penelitian. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif, dengan melakukan observasi secara langsung di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Bukittinggi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMP N 4 Kota Bukittinggi berjumlah 340 orang, sedangkan penarikan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yaitu sampel dalam penelitian ini diambil hanya 20 % dari jumlah siswa kelas VIII, yaitu berjumlah sebanyak 36 orang. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dalam bentuk persentase. Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Tingkat capaian motivasi intrinsik adalah sebesar 49 %, itu artinya bahwa tingkat capaian motivasi intrinsik siswa berada pada klasifikasi cukup. Tingkat capaian motivasi ekstrinsik siswa yang diperoleh adalah sebesar 45,31 %, itu artinya bahwa tingkat capaian motivasi ekstrinsik berada pada klasifikasi cukup. Sedangkan metode belajar kelompok sebesar 41,67% Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa menggunakan metode belajar kelompok secara umum belum terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Jan 2019 07:11
Last Modified: 16 Jan 2019 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20419

Actions (login required)

View Item View Item