Hubungan Status Gizi dan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Siswa Putera Kelas VIII SMP Negeri 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat

Sufi, Janurin (2017) Hubungan Status Gizi dan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Siswa Putera Kelas VIII SMP Negeri 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_JANURIN_SUFI_1303143_3897_2017.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada siswa putera kelas VIII SMP Negeri 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat bahwa hasil belajar yang mampu mereka capai masih rendah. Hasil belajar PJOK pada siswa putera kelas VIII SMP Negeri 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat dipengaruhi oleh banyak faktor, dan dua diantaranya diduga dipengaruhi oleh status gizi dan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan status gizi dan kecerdasan emosional dengan siswa putera kelas VIII SMP Negeri 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, secara sendiri-sindiri maupun secara bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara proporsional random sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 50 orang siswa putera saja. Data dikumpulkan dengan menggunakan tesanthropometri untuk mengukur status gizi, kuesioner/angket untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswadan hasil belajar siswa didapatkan dari nilai semester genap. Dalam penelitian ini peneliti juga dibantu oleh 2 orang yang masing-maisng bertugas mengambil dokumentasi dan membantu peneliti menyiapkan berbagai keperluan untuk penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) status gizi memiliki hubungan yang berartidengan hasil belajardimana nilaithitung = 3,30> ttabel = 2,008. (2) kecerdasan emosional memiliki hubungan yang berartidengan hasil belajardimana nilaithitung = 3,27> ttabel = 2,008.(3)status gizi dan kecerdasan emosional memiliki hubungan yang berartidengan hasil belajardimana nilaiFhitung (9,99) > Ftabel (3,20) terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Jan 2019 03:07
Last Modified: 10 Jan 2019 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20319

Actions (login required)

View Item View Item