Pengaruh Latihan Plyometrik terhadap Keterampilan Smash dengan Loncatan dalam Permainan Bulutangkis pada Peserta Didik SMKN 1 Kota Bengkulu

Rependi, Isan (2017) Pengaruh Latihan Plyometrik terhadap Keterampilan Smash dengan Loncatan dalam Permainan Bulutangkis pada Peserta Didik SMKN 1 Kota Bengkulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ISAN_REPENDI_11303054_3041_2017.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Masalah yang penulis temukan di lapangan bahwa kemampuan teknik smash dengan loncatan peserta didik belum begitu baik atau teknik smash dengan loncatan pemain belum tepat pada sasaran. Rendahnya keterampilan smash dengan loncatan ini diduga disebabkan penggunaan metode latihan yang kurang tepat oleh pelatih dalam pembinaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh latihan plyometrik terhadap Keterampilan Smash dengan Loncatan dalam Permainan Bulutangkis Pada Peserta Didik SMKN 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian eksperimen semu. Tujuannya adalah untuk mengungkap pengaruh satu variable atau lebih terhadap variabel yang lain. Rancangan penelitian yang digunakan adalah The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler bulutangkis SMKN 1 Kota Bengkulu yang berjumlah keseluruhan 108 orang yang tercatat siswa yang aktif mengikuti ekstrakurikuler, sedangkan sampel ditetapkan secara Proportionate Stratified random sampling dengan persentase 14%. maka yang menjadi sampel dalam penelitian adalah sebanyak 15 orang.. Tes yang digunakan adalah Test Kemampuan Smash yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan smash dengan loncatan pemain, sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan penemuan penelitian dapat dikemukakan hasil analisis data menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh metode latihan plyometrik terhadap keterampilan smash dengan loncatan dalam permainan bulutangkis pada Peserta Didik SMKN 1 Kota Bengkulu diterima kebenarannya, ditandai dengan hasil penelitian yang diperoleh yaitu dimana (thitung﹥ttabel= (6,85) > (1,76)) dengan = 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Jan 2019 03:06
Last Modified: 10 Jan 2019 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20314

Actions (login required)

View Item View Item