Kontribusi Daya Ledak otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Kemampuan Tendangan Ke Gawang Atlet Sepakbola Persatuan Olahraga Guguk dan Sekitarnya (POGS) Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung

Supardi, Herman (2017) Kontribusi Daya Ledak otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Kemampuan Tendangan Ke Gawang Atlet Sepakbola Persatuan Olahraga Guguk dan Sekitarnya (POGS) Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_HERMAN_SUPARDI_1303179_5074_2017.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari kurangnya kemampuan tendangan ke gawang atlet sepakbola POGS Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-kaki terhadap kemampuan tendangan ke gawang atlet sepakbola POGS Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh atlet sepakbola POGS Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung yang berjumlah 24 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 orang atlet. Teknik pengambilan data yaitu : 1) Daya ledak otot tungkai di tes dengan lompat jauh tanpa awalan, 2) Koordinasi mata-kaki di tes dengan menendang bola ke dinding sasaran, 3) Kemampuan tendangan ke gawang di tes dengan menendang bola ke gawang. Data dianalisis dengan korelasi product moment dan korelasi ganda dengan taraf signifikan  = 0.05. Hasil analisis data diperoleh sebagai berikut : 1) Daya ledak otot tungkai memberikan kontribusi terhadap kemampuan tendangan ke gawang atlet sepakbola POGS Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung sebesar 36.36%, 2) Koordinasi mat-kaki memberikan kontribusi terhadap kemampuan tendangan ke gawang atlet sepakbola POGS Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung sebesar 33.64%, 3) Daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-kaki secara bersamasama memberikan kontribusi terhadap kemampuan tendangan ke gawang atlet sepakbola POGS Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung sebesar 41.73%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Jan 2019 03:05
Last Modified: 10 Jan 2019 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20300

Actions (login required)

View Item View Item