Motivasi Belajar terhadap Peserta Didik dalam Pembelajaran Penjasorkes di SMP Negeri 35 Kec. Padang Selatan Kota Padang

Ismanto, Didi (2017) Motivasi Belajar terhadap Peserta Didik dalam Pembelajaran Penjasorkes di SMP Negeri 35 Kec. Padang Selatan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DIDI_ISMANTO_55899_2440_2017.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum terlaksananya pembelajaran Penjasorkes berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan sebagaimana mestinya, hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya perhatian pendidik terhadap peserta didik, pihak sekolah berperan kurang maksimal, perhatian dari orangtua yang kurang dan lingkungan yang mempengaruhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Motivasi Belajar terhadap Peserta Didik dalam Pembelajaran Penjasorkes di SMP Negeri 35 Kec. Padang Selatan Kota Padang. Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 35 Kec. Padang Selatan Kota Padang kelas VII, VIII, IX yang mengikuti pembelajaran Penjasorkes yang terdaftar tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 452 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Proportional Random Sampling, maka sampel sebanyak 89 orang. Pengambilan data dilakukan dengan cara membagikan angket yang dirancang sedemikian rupa sehingga bisa menyebabkan informasi yang lebih objektif dari responden. Analisis data penelitian menggunakan teknik distribusi frekwensi (statistik deskriptif) dengan perhitungan persentase P = F/N × 100%. Hasil analisis data diperoleh dari pada motivasi intrinsik, pernyataan yang dijawab oleh responden untuk kriteria selalu (SL) sebesar 28.54%, sering (SR) sebesar 49.41%, kadang-kadang (KD) sebesar 18.59%, jarang (JR) sebesar 3.24%, dan tidak pernah (TP) sebesar 0,22% dengan tingkat capai sebesar 75.31% dikategorikan baik. Sedangkan untuk motivasi ekstrinsik maka pernyataan yang dijawab oleh responden untuk kriteria selalu (SL) sebesar 13.60%, sering (SR) sebesar 33.52%, kadang-kadang (KD) sebesar 34.99%, jarang (JR) sebesar 15.88%,dan tidak pernah (TP) sebesar 2.01% dengan tingkat capai sebesar 61.15% dikategorikan baik. Rata-rata jawaban penelitian masing-masing indikator motivasi intrinsik dan ekstrinsik dari Motivasi Belajar terhadap Peserta Didik dalam Pembelajaran Penjasorkes di SMP Negeri 35 Kec. Padang Selatan Kota Padang dengan tingkat pencapaian 68,23% diklasifikasikan Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Jan 2019 03:45
Last Modified: 09 Jan 2019 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20251

Actions (login required)

View Item View Item