Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Dayatahan Aerobik dengan Kemampuan Tendangan Depan Atlet Pencak Silat Perguruan Pedang Laut Pariaman

Adriansyah, Adriansyah (2017) Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Dayatahan Aerobik dengan Kemampuan Tendangan Depan Atlet Pencak Silat Perguruan Pedang Laut Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ADRIANSYAH_1102809_5777_2017.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan tendangan depan atlet pencak silat perguruan Pedang Laut Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara daya ledak otot tungkai dan dayatahan aerobik dengan kemampuan tendangan depan atlet pencak silat perguruan Pedang Laut Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian Korelasional. Populasi penelitian ini adalah Atlet Pencak Silat Perguruan Pedang Laut Pariaman yang berusia 17-22 tahun yang terdaftar aktif mengikuti latihan yang berjumlah 26 orang, sekaligus di jadikan sampel (total sampling). Teknik pengambilan data daya ledak otot tungkai mengunakan standing broad jump, dayatahan aerobik mengunakan tes lari 2400 meter, serta tes kemampuan tendangan depan dengan melakukan tendangan depan mengunakan target (peching) selama satu menit. Data dianalisis dengan teknik korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Daya ledak otot tungkai memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan tendangan depan dengan koefisien korelasi rx1y = 0,39, dengan taraf signifikansi menunjukkan thitung > ttabel yaitu : 2,07 > 1,71. 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara dayatahan aerobik dengan kemampuan tendangan depan rx2y = 0,40, dengan taraf signifikansi menunjukkan thitung > ttabel yaitu : 2,13 >1,71. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara daya ledak otot tungkai dan dayatahan aerobik dengan kemampuan tendangan depan Fhitung = 3,52 > Ftabel= 3,44. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara daya ledak otot tungkai dan dayatahan aerobik dengan kemampuan tendangan depan atlet pencak silat perguruan Pedang Laut Pariaman baik secara sendiri-sendiri dan secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Jan 2019 03:41
Last Modified: 09 Jan 2019 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20199

Actions (login required)

View Item View Item