Tinjuan Motivasi Belajar Siswi dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi di SMA Negeri 05 Kabupaten Mukomuko

Hidayat, Ade (2017) Tinjuan Motivasi Belajar Siswi dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi di SMA Negeri 05 Kabupaten Mukomuko. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ADE_HIDAYAT_1306778_3687_2017.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini, berawal dari ketidak sesuaiyannya harapan terhadap kenyataan yaitu nilai yang sebenarnya yang di dapat dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi (penjas orkes) dibandingkan dengan nilai hasil akhir yang dimiliki siswi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Penjas Orkes Di SMA Negeri 05 Kabupaten Mukomuko, yang dapat dilihat pada motivasi intrinsik dan ekstrinsiknya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas X dan XI, yang berjumlah sebanyak 253 orang. Dengan teknik pengambilan sampel diambil secara Stratified Proportional Random Sampling, dimana sampel diambil sebesar 30% dari setiap strata atau kelas yaitu 30% dari 253 siswi sehingga diperoleh sampel sebanyak 77 orang. Teknik pengambilan data dengan observasi dan menyebarkan angket kepada siswi yang telah dipilih menjadi sampel. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan statistik deskriptif dengan tabulasi frekuensi. Hasil temuan menunjukkan bahwa pada motivasi intrinsik, dengan kreteria (SL, SR, KD, JR, TP) di kategorikan baik. Sedangkan untuk motivasi ekstrinsik, dengan kreteria (SL, SR, KD, JR, TP) dikategorikan cukup. Jadi kesimpulannya motivasi intrinsik dan ekstrinsik yang dimiliki peserta didik berada dalam kategori cukup. Untuk memperoleh tingkat capai dikategorikan amat baik perlu ditingkatkan lagi motivasi tersebut, baik yang berasal dari dalam diri peserta didik (intrinsik) maupun yang berasal dari luar diri peserta didik (ekstrinsik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Jan 2019 03:41
Last Modified: 09 Jan 2019 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20195

Actions (login required)

View Item View Item