Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Musik Ensambel Menggunakan Metode Demonstrasi di SMP Negeri 13 Padang

Yuhelmi, Yuhelmi (2017) Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Musik Ensambel Menggunakan Metode Demonstrasi di SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_YUHELMI_14023074_610_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran musik ensambel di SMP Negeri 13 Padang. Penelitian ini tergolong jenis penelitiankualitatif, dengan pendekatan deskriptif analisis. Objek penelitian adalah siswa kelas VIII 3 SMP Negeri 13 Padang dengan jumlah siswa 32 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, studi kepustakaan dan pemotretan. Jenis penelian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran musik ensambel di SMP Negeri 13 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran musik ensambel dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII 3 di SMP Negeri 13 Padang. Proses belajar mengajar dengan metode demonstrasi dilakukan guru dalam pembelajaran musik ensambel. Adapun langkah metode demonstrasi antara lain; 1) merencanakan materi pembelajaran, 2) menyiapkan perangkat pembelajaran, 3) menyusun panduan observasi, dan 4) menyusun tes. Dari perencanaan itu diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran terdiri dari enam kali pertemuan, maka didapat hasil seperti 1) Aktivitas memperhatikan penjelasan guru naik dari 70% jadi 74%. Aktivitas mencatat pelajaran naik dari 60% jadi 92%. 2) Aktivitas mencatat pelajaran naik dari 60% jadi 92%., 3) Aktivitas latihan mandiri, naik dari 48% jadi 81%., 4) Aktivitas membaca notasi balok naik dari 29% jadi 70%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Dec 2018 01:42
Last Modified: 18 Dec 2018 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20102

Actions (login required)

View Item View Item