Penerapan model Snowball Trhowing dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari)di SMA Negeri 1 Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman

Sartika, Wiwik (2017) Penerapan model Snowball Trhowing dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari)di SMA Negeri 1 Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_WIWIK_SARTIKA_1301175_4445_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di lakukan di SMA Negeri 1 Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penerapan pembelajaran model snowball throwing dengan pembelajaran konvesional (ceremah). Jenis penelitian adalah penelitian uji-coba atau eksperimen yang tergolong kedalam kelompok penelitian kuantitatif yang berupa data angka. Instrument penelitian berupa tes akhir (postest), dan instrumen catatan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran seni budaya (tari) di SMA Negeri 1 Padang Sago dilakukan dalam 3x pertemuan berjalan dengan baik. Penerapan model snowball throwing tari nusantara berpasangan dan tari nusantara berkelompok. Hal ini berdampak baik pada hasil dengan menggunakan model snowball throwing membuat siswa lebih aktif dan bersemangat dalam belajar karena dengan adanya model snowball throwing siswa belajar sambil bermain, jika dibandingkan dengan metode pembelajaran konvesional, siswa terlihat kurang aktif dalam pembelajaran karena model pembelajaran konvesional memberikan kesan pasif pada saat pembelajaran berlangsung. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yang digunakan antara kelas eksperimen yang menerapkan model snowball throwing dengan nilai rata-rata 83,57. Sedangkan pada pembelajaran model konvesional yang dilaksanakan pada kelas kontrolterdapat rata-rata kelas77,3. Oleh karena itu, penerapan model snowball throwing memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih efektif, interaktif dan efesien. Sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar serta dapat mencapai tujuan yang optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Dec 2018 03:46
Last Modified: 17 Dec 2018 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20097

Actions (login required)

View Item View Item