Strategi Pembelajaran Seni Musik untuk Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Bayang

Maisuhelta, Windy (2017) Strategi Pembelajaran Seni Musik untuk Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Bayang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_WINDY_MAISUHELTA_1103520_4528_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Peningkatan kualitas pembelajaran harus selalu diupayakan agar mutu pendidikan meningkat dari waktu ke waktu. Kualitas pendidikan berkaitan dengan strategi yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran. Hasil pembelajaran itu dapat dikatakan berhasil apabila lulusan memiliki mutu tinggi dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Penelitian tentang strategi pembelajaran seni musik dilakukan di SMP Negeri 4 Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Topik tersebut dipilih mengingat prestasi yang dicapai siswa SMP Negeri 4 Bayang rata-rata sangat bagus. Tujuan penelitian dengan topik tersebut adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan Strategi Pembelajaran Seni Musik Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Bayang. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif analisis. Data-data dikumpulkan dengan teknik studi pustaka, observasi, dan wawancara, yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada enam (6) strategi yang dilakukan guru dalam menerapkan pembelajaran seni musik di kelas VIII.1 siswa SMP Negeri 4 Bayang, antara lain adalah: 1) Strategi persiapan pembelajaran. Langkah utama yang dilakukan guru dengan pembuatan RPP yang berorientasi kepada kurikulum dan silabus yang digunakan; 2) Strategi pengelolaan pada masing-masing kelas; 3) Strategi penggunaan media pembelajaran. Guru mengarah pada persiapan dan memanfaatkan media dan alat belajar yang sesuai dengan materi dan sarana yang tersedia sekolah; 4) Strategi pendekatan untuk memotivasi siswa. Strategi pendekatan motivasi oleh guru didukung peran serta sekolah dengan menyediakan sarana pendukung pembelajaran yang baik; 5) Strategi evaluasi dan pengambilan nilai. Pada strategi ini guru mengadakan pengambilan nilai tidak hanya pada UTS dan UAS, namun dengan mengadakan ulangan harian setelah penyelesaian Kompetensi Dasar; 6) Strategi pengembangan pengalaman belajar seni musik siswa. Pada strategi ini guru melakukan pengembangan aktifitas belajar siswa, dengan memperbanyak aktivitas belajar praktek musik dibandingkan dengan belajar teori musik, namun dengan tidak mengesampingkan teori yang tetap hadir sepanjang berjalannya pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Dec 2018 03:46
Last Modified: 17 Dec 2018 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20095

Actions (login required)

View Item View Item